Rumus Menghitung Luas Volume Kubah

8komentar

Rumus cara menghitung luas kubah / volume kubah adalah dengan persamaan numerik integral benda putar. Contoh untuk kubah ukuran diameter 4 meter dan tinggi 3 m meter. dari persamaan kurva atau garis lengkung kubah dengan interval 0 ~ 3 sesuai tinggi kubah dan diputar sejauh 2 kali phi. Persamaan kurva y=f(x) dapat dicari dengan metode numerik, atau manual, atau dengan microsoft excell. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :



Sedangkan untuk rumus luas kubah setengah (1/2) bola adalah , A = 1/2 x phi x d2  atau  A = 2 x phi x r2 dengan nilai phi=3.14 dan d =2 x r,  d-diameter kubah dan r-radius kelengkungan kubahnya.
Cara lain untuk mencari luas kubah yaitu dengan membagi area atap kubah dengan beberapa segmen.
langkah pertama kita bagi garis lengkung atap kubah dengan misalkan 5 segmen, kemudian kita cari panjang kelilingnnya tiap level R-nya, kemudian tiap level kita bagi menjadi 30 segmen (semakin banyak semakin akurat). Lebih jelasnya kita lihat gambar berikut ini :
Sehingga diperoleh luas kulit / atap kubah pendekatan = 30,9 m2
Atau luas segmen dipakai bangun belah ketupat seperti gambar panel penutup kubah yang kami pakai, hasilnya juga lebih akurat dari segmen bangun jajaran genjang diatas.
Dan cara yang lazim kami pergunakan adalah dengan cara grafis di Autocad, yaitu dengan membuat bidang padat/pejal dari outline kubah yang terbentuk kemudian dikurangi luas lingkaran alasnya dengan ketik area. Lebih lanjut lihat gambar dibawah ini :
Dengan cara grafis di Autocad hasilnya paling akurat untuk menghitung luas kubah ini = 31,46 m2

Cara praktis untuk menghitung kubah adalah dengan mengasumsikan seperti bentuk tabung kemudian dikalikan faktor 0,85 artinya kurang lebih 85 persen dari luas selimut tabung. Jadi Rumus luasan kubah adalah  A = D x phi x T x 0,85 = 4 x 3,14 x 3 x 0,85 = 32,03 m2
ada selisih luasannya dibanding yang sebenarnya 31,46 m2 pakai autocad, namun bisa dipakai acuan dasar menghitung luasan kubah dengan bentuk sederhana seperti diatas. Untuk bentuk lancip dan kubah bawang jelas beda lagi rumusnya.
Share this article :

+ komentar + 8 komentar

Poskan Komentar

 
Support : My Website | My Steel | My Dome
Copyright © 2014. Kontraktor kubah masjid enamel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger