Metode Pemasangan Rangka Struktur Kubah

Pemasangan,Rangka,Struktur,Kubah,kremona,truss,dome,pipa,konstruksi,harga
Pemasangan Rangka Struktur Kubah


INSTRUKSI KERJA
PEMASANGAN RANGKA STRUKTUR UTAMA
A. Peralatan yang digunakan :
1. Trafo las.
2. Gerinda tangan
3. Bor tangan
4. kuas
5. Tambang
6. Polyblock
7. Peralatan panjat
8. Rollmeter
9. Waterpass
10. Kunci pas 18-20
B. Bahan yang digunakan :
1. Angkur/dinabolt.
2. Base plate.
3. Kawat las.
4. Cat besi.
5. Pipa yang telah diproduksi di workshop.
6. Lem beton sikadur 31 CF.
C. Pelaksanaan :
1. Posisi angkur/dinabolt dan base plate ditentukan baik secara horisontal maupun vertikal. Penentuan titik ini dilakukan tenaga ahli/surveyor dengan menggunakan peralatan meteran panjang. Penentuan posisi harus tepat dan rata ketinggiannya.
2. Pada posisi yang telah ditentukan, dipasang angkur/dinabolt pada tulangan-tulangan balok ringbalk. Dengan cara menciping/melubangi ring balok yang ada. Pemasangan angkur dilakukan dengan pengelasan penuh agar angkur terikat kuat menyatu dengan tulangan balok. Setelah angkur terpasang, balok siap di-cor.
3. Pengecoran campuran mortar diberi campuran sika cim. Sebelum diadakan pengecoran daerah titik cor dibersihkan terhadap debu dan kotoran lalu diberi atau disapukan lem beton sikadur 31 CF.
4. Setelah angkur terpasang dan balok telah di-cor, dilakukan pemasangan base plate. Titik level base plate dicek kembali (secara vertikal dan hirisontal) untuk mendapatkan posisi yang tepat. Setelah berada pada posisi yang diinginkan, base plate dibaut kuat agar posisi tidak berubah/bergeser. Pada bagian yang berongga antara base plate dan ringbalk, ditutup dengan semen grouting.
5. Pemasangan rangka struktur kubah dilakukan dengan merangkai kembali segmen-segmen rangka yang telah dibuat/diproduksi di workshop.
6. Dari rangkaian segmen bawah sampai rangkaian segmen atas (payung) penyambungan antara segmen dilakukan dengan cara pengelasan penuh (full welding).
7. Setelah rangkaian segmen semua terpasang terbentuklah rangkaian struktur kubah lalu dilakukan pengecatan zinchromate pada pertemuan simpul-simpul rangka struktur dan diakhiri dengan cat finishing yang ditentukan.
8. Pemasangan hiasan benangsari dipasang tepat di bawah rangka payung dengan cara pengelasan pada rangka struktur.

22 komentar:

  1. kami sekarang lagi bangun masjid dan akan membuatkan kubah sesuai rencana, berapa ongkos pembuatan serta bagaimana caranya mohon informasinya 0819867029

    BalasHapus
  2. Apa spesifikasi masing2 material penutup kubah ? enamel, Zinkalum dan fiber ??

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas pertanyaannya. Spesifikasi Penutup Kubah Enamel Zincalume Fiber, semua ada di artikel kami, silahkan kunjungi di http://atapkubah.com/?p=7

    BalasHapus
  4. Bagaimana model dudukan kubah, langsung aja dicor dibuat plat atau dibuat angkur2. karena masjid dah dikerjakan tapi kubahnya masih belum ditentukan bahannya

    BalasHapus
  5. Terima kasih pertanyaannya.
    Dudukan kubahnya menggunakan Baseplate dan angkur, angkur dicor bersamaan ringbalk betonnya, baru dipasang basaplate kubah. Seandainya ringbalk sudah dicor dulu, maka angkur diganti dynabolt.

    BalasHapus
  6. rangka atap kami dari kayu, apakah bisa dipasangkan dengan kubah produksi bapak ya, nuwun

    BalasHapus
  7. Menurut kami untuk konstruksi kayu kurang mampu menahan beban yang baru mungkin lebih berat, saran kami konstruksinya diganti konstruksi baja atau beton bertulang.
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. di masjid saya ukuran diameternya 7 m,,,kalo dikira - kira butuh bugdet berapa?

    BalasHapus
  9. ukuran diameter 7 m dengan tinggi berapa ? 1/3 d, 1/2 bola, atau 3/4 diameter ? silahkan kontak kami untuk info harga kubah masjidnya dan spesifikasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  10. Kami sedang merencanakan masjid dengan diameter kubah 31 m, berapakah biaya yang diperlukan jika menggunakan enamel dan pelapis dalam (plafond)
    Trims
    Agung - Lampung

    BalasHapus
  11. Diameter kubah masjid 31 m dengan tinggi berapa ? nanti dihitung luasannya dan harga per meter persegi sekitar 2 juta complete terpasang. Info lebih lanjut silahkan kontak kami. terima kasih.

    BalasHapus
  12. Untuk kubah diameter 8m dgn tinggi kubah 1/2 bola biaya yg diperlukan berapa jika menggunakan enamel atau zincalume?

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas kunjungannya. Untuk Harga kubah enamel berkisar 230 juta dan kubah zincalume berkisar 180 juta rupiah tergantung lokasinya. Info Lebih Lanjut silahkan kontak kami

    BalasHapus
  14. Assalamu alaikum wr.wb. pak kami mau melapis kubah beton eksisting diameter 15,4 m dan tinggi 6 m, apakah perlu rangka baja lagi ? terima kasih

    BalasHapus
  15. untuk kubah diameter 7,5 meter dengan tinggi 4 meter, mohon info biaya jika menggunakan emanel dan zincalume ?
    untuk lokasi berada di provinsi jambi.

    trima kasih.

    BalasHapus
  16. Harga kubah masjid untuk penutup bahan enamel sekitar 275 juta dan menggunakan zincalume sekitar 210 juta semua komplit terpasang

    BalasHapus
  17. Pak,kalo diameter 9 m,tinggi 8 meter..kira2 kalo pake keramik habis berapa keramik ya???trimakasih.

    BalasHapus
  18. Kalau pakai keramik kami belum pernah, yang kami kerjakan pakai panel enamel atau zincalume yang terbuat dari plat steel atau galvalum. kalau luas kubahnya sekitar 180 meter persegi jadi tinggal membagi per modul ukuran keramiknya. sekian terima kasih.

    BalasHapus
  19. Askum ww
    Kami sedang memugar masjid dengan ukuran luas 17x15, diameter kubah -+10,5m (kubah dari bahan beton semen cor), saat ini kubah sudah terpasang dan kurang finishing karena ditinggal/tidak diselesaikan oleh kontraktor yang lama, apakah kami dapat dibantu (08562814447/k3ndr4w@gmail.com)

    BalasHapus
  20. assalamualaikum. masjid kami rencana akan membuat kubah enamel dengan diameter 6.5m, tinggi 6m . kira kira budgetnya berapa pak ?
    status: segera.
    CP: kangtowi78@yahoo.com , kangtowi78@Gmail.com , 081357404130

    BalasHapus
  21. Askum ww
    apa bisa di perlihatkan gambar potongan dan detailnya seperti apa?
    terimaksih.

    BalasHapus
  22. Wsslm WR.WB. Terimakasih atas kunjungannya. Untuk Detailnya bisa dilihat di posting spesifikasi material-kualitas bahan (halaman atas), susunan dan bahan-bahannya ada semua.

    BalasHapus